Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nggolek Indie
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meliat pengaruh faktor psikologis terhadap
keputusan pembelian pada Nggolek Indie. Variabel dari pengaruh psikogis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi (X1), Persepsi (X2),
Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4). Penelitian dilaksanakan dengan menyebarkan
kuesioner terhadap 66 responden. Populasi yang ada berjumlah 79 orang dimana
merupakan konsumen dari Nggolek Indie pada periode Oktober 2012 – Juli 2013.
Teknik pengambilan pada penelitian ini dengan menggunakan convenience
sampling. Model analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah
model analisis regresi berganda yang menggunakan data dari 63 responden.
Keunggulan dari penelitian ini adalah penelitian mengenai perusahaan dari
industri kreatif dalam bidang fesyen yang baru berkembang dan juga penelitian ini
baru pertama kali dilakukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi, persepsi,
pembelajaran , dan sikap berpengaruh secara simultan dan juga berpengaruh
secara parsial terhadap keputusan pembeian pada Nggolek Indie. Faktor
pembelajaran merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi
keputusan pembelian