Iklim Komunikasi Organisasi Toko New Raya Motor
Abstract
Keadaan dimana masyarakat di Indonesia telah beralih untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan kendaraan umum, membuat banyak produk mobil maupun motor dari berbagai merek yang beredar saat ini. Oleh karena itu, toko suku cadang menjadi salah satu toko yang diperlukan oleh masyarakat untuk merawat kendaraannya maupun bagi pemilik toko servis mobil atau motor. Saat ini toko suku cadang semakin banyak dan berkembang di Jawa Timur, termasuk di kota Surabaya. Terdapat satu toko suku cadang Toyota, Isuzu, dan Daihatsu yang terpercaya di Surabaya, yaitu toko New Raya Motor. Walaupun dipercaya oleh masyarakat dan memiliki nilai ulasan yang tinggi, toko New Raya Motor terkadang masih mengalami permasalahan dalam menyampaikan pesan atau miskomunikasi kepada antara karyawan, pada saat banyaknya pelanggan yang datang pada waktu yang bersamaan. Permasalahaan tersebut memberikan dampak, dimana pembeli merasa kurang puas pada pelayanan yang diberikan. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui iklim komunikasi organisasi yang memiliki peran sebagai perantara antara pengelolaan sumber daya manusia dengan produktivitas. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian survei dan wawancara. Data pada penelitian didapatkan dengan pengambilan angket. Dari hasil analisis data yang telah diperoleh, hasil uji validitas yang di dapat merupakan 0,563 dan hasil reliabilitas yang didapatkan adalah 0.674 sehingga data penelitian ini dinyatakan reliabel dan valid. Dari hasil pengelolaan data, nilai iklim komposit yang pada manajemen tingkat menengah merupakan 4,38 dan 4,19 pada manajemen tingkat bawah. Nilai iklim tertinggi pada manajemen tingkat menengah merupakan nilai keterbukaan dalam komunikasi ke bawah. Sedangkan pada manajemen tingkat bawah nilai iklim kepercayaan merupakan nilai iklim tertinggi. Dari hasil yang didapatkan, menunjukkan bahwa toko New Raya Motor memiliki iklim komunikasi organisasi yang suportif. Dikarenakan hasil nilai pada rata-rata setiap kategori nilai yang didapatkan mendekati nilai lima dari skala likert.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA ANGGOTA ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS X
PHANTHANA, THAREQ DIPA CORY (Universitas Ciputra, 2019)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan komitmen organisasi pada organisasi kemahasiswaan di Universitas X. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara ... -
PENGARUH EFIKASI DALAM BEKERJA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA GENERASI MILENIAL DI PERUSAHAAN X
Indrawati, Juni (Universitas Ciputra Surabaya, 2020)Komitmen organisasi yang dimiliki karyawan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Menjaga agar karyawan memiliki komitmen terhadap perusahaan sangatlah penting karena karyawan yang memiliki komitmen ... -
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. DCN INDONESIA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Nugroho, Rizky Ramadhanti (Universitas Ciputra Surabaya, 2019-12-20)Persaingan dalam dunia bisnis manufaktur di Indonesia saat ini, membuat perusahaan harus mampu meningkatkan kinerja para karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional ...

